Minggu, 09 Oktober 2022

Mata Kuliah 06 : Strategi Pembelajaran

Semester : II / 2022
Mata Kuliah : STRATEGI PEMBELAJARAN
Dosen Pengampu : 
Humaidi Tamri, Lc, M.Pd
______________________________________________________________

A. IDENTITAS

1. Prodi : S1
2. Kode Mata kuliah : -
3. Nama Mata kuliah : Strategi Pembelajaran
4. Semester/SKS : II/ 2 SKS
5. Jenis Mata Kuliah : Wajib
6. Koordinator Mata Kuliah :
7. Dosen Pengampu : Humaidi Tamri,Lc. M.Pd

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL-Prodi)

1. Sikap:
a) Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
b) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalaam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
c) Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi mahasiswa dan masyarakat.
d) Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas,
e) Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas menjadi pendidik.

2. Pengetahuan:

a) Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari pelaksanaan pembelajaran.
b) Menguasai teori belajar dan pembelajaran .
c) Memilih secara adekuat model dan pendekatan pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran.
d) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran.
e) Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar.

3. Keterampilan Umum:

a) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

4. Keterampilan Khusus:

a) Mampu menerapkan asesmen dalam pembelajaran, mengolah, menganalisis, dan memaknai hasil asesmen sebagai balikan untuk peserta didik, guru, dan orang tua;
b) Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif, yang memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan
c) Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerja-sama untuk pembelajaran.
d) Mampu secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, analisis, dan argumen dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat berdasar hasil kajian/penelitian bidang pendidikan secara umum.
e) Memiliki kemampuan membaca, menulis, memahami dan mengaplikasikan Al Qur’an dan Hadist dalam mengelola sumber daya hayati untuk kepentingan dirinya sendiri maupun orang lain dalam rangka mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

C. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

1. Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, agama, moral, dan etika dalam proses pembelajaran,
2. Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam proses pembelajaran,
3. Mahasiswa mampu mendikripsikan prinsip-prinsip belajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran,
4. Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran.
5. Mahasiswa mampu memahami, dan menganalisis ruang lingkup pembahasan strategi pembelajaran dengan baik,
6. Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran dengan baik,
7. Mahasiswa mampu mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran dengan baik

D. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa pada semua Program Studi KALAM. Mata kuliah ini bermanfaat untuk pelaksanaan kuliah Micro Teaching dan Pelaksanaan Praktek Lapangan. Perkuliahan mata kuliah ini membahas tentang : (a) pengertian dan konsep dasar strategi pembelajaran; (b) teori belajar; (c) pendekatan pembelajaran; (d) model-model pembelajaran; (e) Strategi Pembelajaran Efektif; (f) metode dan teknik pembelajaran; (g); pemilihan materi; (h) pengelolaan kelas. Proses pembelajaran mata kuliah ini menggunakan pembelajaran daring asynchronous dan synchronous dengan menggabungkan beberapa metode pembelajaran yang sesuai. Pembelajaran mata kuliah ini akan dievalusi melalui sikap dan tata nilai, kognitif dan keterampilan yang ditujukkan oleh mahasiswa melalui keaktifan dalam perkuliahan, daya inovasi serta penguasaan materi secara teoritis dan aplikatif.

E. KEGIATAN PEMBELAJARAN

 PERTEMUAN KE-1 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 09 Oktober 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Konsep Strategi Pembelajaran.
Indikator :
1. Mhs mampu menjelaskan pengertian belajar dan pembelajaran.
2. Mhs mampu menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran,
3. Mhs mampu mendikripsikan prinsip-prinsip belajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Materi :
1. Mhs mendengar pengantar konsep strategi pendidikanmelalui google meet,
2. Mhs mendiskusikan secara panel tentang kontrak perkuliahan melalui google meet;
3.. Sharing informasi tentang RPS Strategi Pembelajaran melalui google meet;
4. Mhs menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dosen dan teman sejawat secara lisan melalui google meet;
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL),ceramah,dsikusi Melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya,penugasan
Pemateri : Humaidi Tamri, Lc, M.Pd (Dosen)
Download Makalah :
https://drive.google.com/drive/folders/1Rpe-PIAjStWeXMBhm8z1H7xFKaKELLT5?usp=sharing
Blog :
https://kalam-angkatan5.blogspot.com/2022/10/konsep-strategi-pembelajaran.html

 PERTEMUAN KE-2 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 15 Oktober 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Teori-Teori Belajar Dalam Pembelajaran.
Indikator :
1. Mhs mampu menganalisis penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran kimia.
2. Mhs mampu membandingkan paradigma behaviorisme dan konstruktivisme dalam pembelajaran.
Materi :
1. Prinsip-prinsip belajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
2. Klasifikasi teori belajar dalam pembelajaran.
3. Paradigma Pembelajaran.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 1
1. Alberza (PAI) ✅
2. Osa Maliki (MPI) ✅
3. Rama Hidayat (PAI) ✅
4. Nila Sari (PAI) ✅
5. Suci Mardhotilla (PAUD) ✅
Download Makalah :
https://drive.google.com/drive/folders/1XhsNm5LFkfwXqvwsI8uGgI-EBoSwmxw8?usp=sharing
Blog :

 PERTEMUAN KE-3 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 22 Oktober 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Komponen-Komponen Strategi Pembelajaran.
Indikator :
1. Mhs mampu menjelaskan pengertian strategi Pembelajaran,
2. Mhs mampu membedakan model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran,
3. Mhs mampu menjelaskan hubungan antar komponen strategi pembelajaran.
4. Mhs mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran.
5. Mhs mampu mengklasifikasikan strategi pembelajaran.
Materi :
1. Strategi Pengorganaisasian Materi Pembelajaran.
2. Strategi Penyampaian Pembelajaran.
3. Strategi Pengelolaan Pembelajaran.
4. Strategi pengevaluasian Pembelajaran.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 2
1. Nur Faridah (PAI) ✅
2. Siti Rohmah (SBA) ✅
3. Tanti Rahim Apadu (SBA) ✅
4. Raisa Salsabila (PAI) ✅
5. Neng Hindy Handiyani (SBA) ✅

 PERTEMUAN KE-4 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 29 Oktober 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Pendekatan Pembelajaran Dan Masalah Pembelajaran.
Indikator :
1. Mhs mampu menjelaskan pengertian pendekatan pembelajaran,
2. Mhs mampu mengidentifikasi macam-macam pendekatan pembelajaran,
3. Mhs mampu menganalisis macam-macam pendekatan pembelajaran.
Materi :
1. Pengertian pendekatan pembelajaran.
2. Macam-macam pendekatan pembelajaran.
3. Pendekatan pembelajaran efektif.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 3
1. Agis Sugiana (SBA) ✅
2. Muhammad Nawaf Bahanan (SBA) ✅
3. Muhammad Faiz Tholib (PAI) ✅
4. Uu Ubaidillah (MPI) ✅
5. Kahfi (PAI)❌
https://kalam-angkatan5.blogspot.com/2022/10/pendekatan-pembelajaran-dan-masalah_27.html

 PERTEMUAN KE-5 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 05 November 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Model Dan Metode Pembelajaran.
Indikator :
1. Mhs mampu menjelaskan pengertian model pembelajaran,
2. Mhs mampu mengidentifikasi macam-macam model pembelajaran,
3. Mhs mampu menganalisis model pembelajaran efektif
Materi :
1. Pengertian model pembelajaran.
2. Macam-macam model pembelajaran.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 4
1. Anisah (PAUD) ✅
2. Qonitah Anwar (PAUD) ✅
3. Siti Nur Jannah (PAUD) ✅
4. Akmala Hayatina Rosmada (PAUD) ✅
5. Khairun Nisa Nurpratiwi (PAUD) ✅
Download Makalah :
Blog : 

 PERTEMUAN KE-6 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 12 November 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran.
Indikator :
1. Mhs mampu menjelaskan Tujuan Pembelajaran
2. Mhs mampu mengidentifikasi factor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran.
Materi :
1. Tujuan Pembelajaran.
2. Peserta Didik Hubungan Guru-Siswa.
4. Pengolahan Pesan.
5. Materi Pelajaran Struktur Belajar Mengajar.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 5
1. Azzubair Juarsa (SBA) ✅
2. Willy Rahman (SBA) ✅
3. Hadni (PAI) ✅
4. Hendy Susanto (PAI) ✅

 PERTEMUAN KE-7 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 19 November 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Klasifikasi Strategi Pembelajaran.
Indikator :
Mhs mampu mengidentifikasi ragam klasifikasi strategi pembelajaran.
Materi :
Mengidentifikasi ragam klasifikasi strategi pembelajaran.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 6
1. Nurul Izzah Razali (PAI) ✅
2. Nanda Nur Azizah (PAI) ✅
3. Fahira Maryam Hisyam (PAI) ✅
4. Aisyah (PAI) ✅
5. Binty Solikhah (SBA) ✅
 
 PERTEMUAN KE-8 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 26 November 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa & Inkuiri.
Indikator :
Mhs mampu menganalisa strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa & Inkuiri.
Materi :
1. Tujuan.
2. Manfaat.
3. Peran guru.
4. Implementasi.
5. Kelebihan dan kekurangan.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 7
1. Fitrianti Ali (PAI) ✅
2. Roslina Asis (PAI) ✅
3. Putri Rahemah (SBA) ✅
4. Efni Redho (PAI) ✅
5. Nur Fadhilah (PAI) ✅
6. Yopi Son Haji (SBA) ✅

 PERTEMUAN KE-9 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 03 Desember 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah & Pembelajaran Ekspositori.
Indikator :
Mhs mampu menganalisa strategi Pembelajaran Berbasis Masalah & Pembelajaran Ekspositori.
Materi :
1. Ciri dan karakteristik.
2. Prinsip penggunaan.
3. Implementasi.
4. Kelebihan dan kekurangan.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 8
1. Nurul Haslinda (PAI) ✅
2. Futty Nayu Soka Kemala (PAI) ✅
3. Charina Mayangsari (PAI) ✅
4. Siti Fauzia Tis Sakinah (SBA) ✅
5. Lutfi Andaristin (PAI) ✅

 PERTEMUAN KE-10 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 10 Desember 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Materi : Strategi Pembelajaran Kooperatif & Kontekstual.
Indikator :
Mhs mampu menganalisa strategi Kooperatif & Kontekstual.
Materi :
1. Ciri dan karakteristik.
2. Prinsip penggunaan.
3. Implentasi.
4. Kelebihan dan kekurangan.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 9

1. Dina Zahernanda (SBA) ✅
2. Princess Endhira Nathania (SBA)
 ✅
3. Nurul Hasanah (PAI)
 ✅
4. Yossy Darma (PAUD)
 ✅
5. Azka Hasanah (SBA)
 ✅

 PERTEMUAN KE-11 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 17 Desember 2022.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Topik : Strategi Pembelajaran Menyenangkan.
Indikator :
1. Mhs mampu menjelaskan pengertian Pembelajaran Menyenangkan.
2. Mhs mampu mengidentifikasi macam-macam Faktor yang harus diperhatikan agar proses belajar menyenangkan.
Materi :
1. Definisi belajar yang menyenagkan.
2. Faktor yang harus diperhatikan agar proses belajar menyenangkan.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri : Kelompok 10
1. Nida Labibah (PAI) ✅
2. Nur Annisa (PAUD)
 ✅
3. Nindy Kurnianingrum (PAI)
 ✅
4. Yuni Heri Suciwati (PAI)
 ✅
5. Jannatul Firdausi Nuzula (PAI)
 
Download Makalah :
xxxx
Blog :

 PERTEMUAN KE-12 :
Hari : Ahad.
Tanggal : 07 Januari 2023.
Waktu : Jam 07.00 - 08.30 WIB.
Materi : Ujian Mata Kuliah (UMK).
Peserta : All Mahasiswa

E. REFERENSI

1. Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company

2. Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

3. Dimyati, dkk, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

4. Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

5. Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

6. Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press

7. Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

8. Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

9. Retno Dwi Suyanti, 2010, Strategi Pembelajaran Kimia, Yogyakarta, Graha Ilmu

10. Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Tarsito

11. Slavin, Robert E. 1982. Cooperative Learning : Teory, Research, and Practice, Boston, MA: Ally and Bacon.

12. Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kegiatan Belajar Mengajar yangefektif, Jakarta: Depdiknas, 2003 13.Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

14.Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta. 15.Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Penerbit Alfabeta

16.Budayasa. I.K. 1998. Teori Belajar Prilaku. Surabaya: Unipres. Unesa. 17.Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

18.Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 19.Gulo, W. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.

20.M. A., Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia.

21.Moedjiono dan Moh Dimyati. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud. 22.Mulyati. 2005. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Andi Offset.

23.Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 24.Nur. M. 1998. Pemotivasian Siswa dalam Belajar. Surabaya: Unesa. Unipress.

25. Nur, M. Wikandari,. P.R. Bambang, S. 1998. Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: Unesa. Unipress.

26. Nur, M. Wikandari,. P.R. Bambang, S. 1998. Pendekatan-pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran. Surabaya: Unesa Unipress.

27.Paulina, Panen. 2003. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : UT.

28. Raka Joni, T. 1983. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.

29. Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 30.Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

31.Soemanto, W. 1998. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 32.Syah, M. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

33.Winataputra, Udin S., dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud. 34.Woofolk, A.E 1993. Educational Psychology. Singapore: Allyn and Bacon.

35.Wulandari, Gita Rosi. 2007. Strategi Belajar untuk Suasana Kelas yang Aktif. Jakarta: Pustaka Insan Madani. 36.Djamarah, S.B. dan Zain A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

37.Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo. 38.Mulyati. 2005. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

39.Paulina, P. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UT. dll

B. FORMAT PEMBUATAN MAKALAH


1. Makalah yang disusun mahasiswa merupakan karya ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan kontennya.
2. Makalah wajib dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat memenuhi mata kuliah Pendidikan Aqidah.
3. Kelompok yang terpilih wajib mempresentasikan makalah yang disusun sesuai jadwalnya, sebagai bentuk pertanggung jawaban ilmiah.
4. Naskah makalah ilmiah terdiri dari minimal 8 halaman.
5. Jenis font Times New Roman, ukuran 12.
6. Menggunakan jenis kertas A4 (210 mm x 297 mm).
7. Dengan format satu kolom.
8. Ukuran margin 3 cm, 3 cm, 3 cm, 3 cm (atas, kiri, bawah, dan kanan).
9. Jarak spasi 1,5.
10. Seluruh makalah ilmiah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia, termasuk abstraksi. Wajib menuliskan kutipan ayat maupun hadist dengan jenis font arab atau traditional Arabic, ukuran 14.
11. Makalah terdiri dari :
      1. Kata pengantar.
      2. Daftar isi.
      3. Pendahuluan, meliputi :
          a. Latar belakang penelitian,
          b. Rumusan masalah,
          c. Manfaat penelitian.
          d. Metodologi penelitian.
4. Pembahasan : sub tema yang dituangkan dalam indicator.
5. Penutup : Kesimpulan, kritik & saran.
6. Daftar Pustaka dengan format:

a) Nama. Nama penulis ditulis paling awal.
b) Tahun Terbit. Setelah nama, cantumkan tahun terbit dari buku yang teman-teman gunakan sebagai referensi.
c) Judul Buku. Tuliskan judul bukumu secara lengkap.
d) Kota dan Nama Penerbit.

12. Pengumpulan naskah makalah ilmiah melalui admin kalam dan email ke dosen pengampu dengan alamat eduhumaiditamri@gmail.com dalam bentuk Word, PDF, & PPT.

Keterangan :
✅ : Sudah presentasi
❌ : Tidak/belum presentasi