Sabtu, 08 Oktober 2022

Konsep Strategi Pembelajaran

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) MATA KULIAH : 
STRATEGI PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI STRATA SATU
KULIAH AL-MA’WA CILEUNGSI BOGOR

A. IDENTITAS
1. Prodi : S1
2. Kode Mata kuliah : -
3. Nama Mata kuliah : Strategi Pembelajaran
4. Semester/SKS : V/ 2 SKS
5. Jenis Mata Kuliah : Wajib
6. Koordinator Mata Kuliah :
7. Dosen Pengampu : Humaidi Tamri,Lc. M.Pd

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL-Prodi)

1. Sikap:
a) Bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
b) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
c) Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi mahasiswa dan masyarakat.
d) Menampilkan diri sebagai pribadi yang stabil, dewasa, arif dan berwibawa serta berkemampuan adaptasi secara baik di tempat tugas,
e) Menunjukkan etos kerja, rasa bangga, percaya diri dan menghargai bidang tugas menjadi pendidik.

2. Pengetahuan:
a) Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari pelaksanaan pembelajaran.
b) Menguasai teori belajar dan pembelajaran.
c) Memilih secara adekuat model dan pendekatan pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran.
d) Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran, penyelenggaraan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran.
e) Memperbaiki dan/atau meningkatkan kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar.

3. Keterampilan Umum:
a) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam kontek pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
b) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;

4. Keterampilan Khusus:
a) Mampu menerapkan assesmen dalam pembelajaran, mengolah, menganalisis, dan memaknai hasil assesmen sebagai balikan untuk peserta didik, guru, dan orang tua;
b) Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif, yang memanfaatkan potensi lingkungan setempat sesuai standar proses dan mutu yang ditetapkan
c) Mampu memanfaatkan teknologi informasi baik secara mandiri maupun bekerja-sama untuk pembelajaran.
d) Mampu secara efektif mengkomunikasikan informasi, ide, analisis, dan argumen dalam berbagai bentuk media kepada masyarakat berdasar hasil kajian/penelitian bidang pendidikan secara umum.
e) Memiliki kemampuan membaca, menulis, memahami dan mengaplikasikan Al Qur’an dan Hadist dalam mengelola sumber daya hayati untuk kepentingan dirinya sendiri maupun orang lain dalam rangka mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

C. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH (CPMK)

1. Mahasiswa mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, agama, moral, dan etika dalam proses pembelajaran,
2. Mahasiswa mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam proses pembelajaran,
3. Mahasiswa mampu mendikripsikan prinsip-prinsip belajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran,
4. Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran.
5. Mahasiswa mampu memahami, dan menganalisis ruang lingkup pembahasan strategi pembelajaran dengan baik,
6. Mahasiswa mampu memahami dan menganalisis pendekatan, model, metode dan teknik pembelajaran dengan baik,
7. Mahasiswa mampu mengaplikasikan strategi pembelajaran dalam proses pembelajaran dengan baik

D. DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah wajib bagi semua mahasiswa pada semua Program Studi KALAM. Mata kuliah ini bermanfaat untuk pelaksanaan kuliah Micro Teaching dan Pelaksanaan Praktek Lapangan. Perkuliahan mata kuliah ini membahas tentang : (a) pengertian dan konsep dasar strategi pembelajaran; (b) teori belajar; (c) pendekatan pembelajaran; (d) model-model pembelajaran; (e) Strategi Pembelajaran Efektif; (f) metode dan teknik pembelajaran; (g); pemilihan materi; (h) pengelolaan kelas. Proses pembelajaran mata kuliah ini menggunakan pembelajaran daring asynchronous dan synchronous dengan menggabungkan beberapa metode pembelajaran yang sesuai. Pembelajaran mata kuliah ini akan dievalusi melalui sikap dan tata nilai, kognitif dan keterampilan yang ditujukkan oleh mahasiswa melalui keaktifan dalam perkuliahan, daya inovasi serta penguasaan materi secara teoritis dan aplikatif.

E. MATRIKS KEGIATAN PEMBELAJARAN

1. Topik : Konsep Strategi Pembelajaran.
Indikator :
1. Mahasiswa/i mampu menjelaskan pengertian belajar dan pembelajaran
2. Mahasiswa/i mampu menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran,
3. Mahasiswa/i mampu mendikripsikan prinsip-prinsip belajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran Materi / Bahan Kajian :
1. Mahasiswa/i mendengar pengantar konsep strategi pendidikanmelalui google meet,
2. Mahasiswa/i mendiskusikan secara panel tentang kontrak perkuliahan melalui google meet;
3. Sharing informasi tentang RPS Strategi Pembelajaran melalui google meet;
4. Mahasiswa/i menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan oleh dosen dan teman sejawat secara lisan melalui google meet;
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Dosen

2. Topik : Teori-teori belajar dalam pembelajaran.
Indikator :
1. Mahasiswa/i mampu menganalisis penerapan teori-teori belajar dalam pembelajaran kimia.
2. Mahasiswa/i mampu membandingkan paradigma behaviorisme dan konstruktivisme dalam
pembelajaran
Materi / Bahan Kajian :
1. Prinsip-prinsip belajar dalam pencapaian tujuan pembelajaran
2. Klasifikasi teori belajar dalam pembelajaran
3. Paradigma pembelajaran
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 1

3. Topik : Komponen-komponen Strategi Pembelajaran.
Indikator :
1. Mahasiswa/i mampu menjelaskan pengertian strategi Pembelajaran,
2. Mahasiswa/i mampu membedakan model, pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran,
3. Mahasiswa/i mampu menjelaskan hubungan antar komponen strategi pembelajaran
4. Mahasiswa/i mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pembelajaran.
5. Mahasiswa/i mampu mengklasifikasikan strategi pembelajaran.
Materi / Bahan Kajian :
1. Strategi Pengorganaisasian Materi Pembelajaran
2. Strategi Penyampaian Pembelajaran
3. Strategi Pengelolaan Pembelajaran
4. Strategi pengevaluasian Pembelajaran
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 2

4. Topik : Pendekatan Pembelajaran Dan Masalah Pembelajaran.
Indikator :
1. Mahasiswa/i mampu menjelaskan pengertian pendekatan pembelajaran,
2. Mahasiswa/i mampu mengidentifikasi macam-macam pendekatan pembelajaran,
3. Mahasiswa/i mampu menganalisis macam-macam pendekatan pembelajaran.
4. Mahasiswa mampu menganalisis masalah pembelajaran.
Materi / Bahan Kajian :
1. Pengertian pendekatan pembelajaran
2. Macam-macam pendekatan pembelajaran.
3. Pendekatan pembelajaran efektif.
4. Masalah pembelajaran.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 3

5. Topik : Metode Pembelajaran
Indikator :
1. Mahasiswa/i mampu menjelaskan pengertian model pembelajaran,
2. Mahasiswa/i mampu mengidentifikasi macam-macam model pembelajaran,
3. Mahasiswa/i mampu menganalisis model pembelajaran efektif Materi / Bahan Kajian.
Materi / Bahan Kajian :
1. Pengertian model pembelajaran
2. Macam-macam model pembelajaran
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 4

6. Topik : Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran
Indikator :
1. Mahasiswa/i mampu menjelaskan Tujuan Pembelajaran
2. Mahasiswa/i mampu mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi pemilihan strategi pembelajaran.
Materi / Bahan Kajian :
1. Tujuan Pembelajaran
2. Peserta Didik
3. Hubungan Guru-Siswa
4. Pengolahan Pesan
5. Materi Pelajaran
6. Struktur Belajar Mengajar
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 5

7. Topik : Klasifikasi Strategi Pembelajaran
Indikator :
Mahasiswa/i mampu mengidentifikasi ragam klasifikasi strategi pembelajaran.
Materi / Bahan Kajian :
Mengidentifikasi ragam klasifikasi strategi pembelajaran.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 6

8. Topik : Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa & Inkuiri
Indikator :
Mahasiswa/i mampu menganalisa strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa &Inkuiri
Materi / Bahan Kajian :
1. Tujuan.
2. Manfaat. 
3. Peran guru.
4. Implementasi.
5. Kelebihan dan kekurangan.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 7

9. Topik : Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah & Pembelajaran Ekspositori
Indikator :
Mahasiswa/i mampu menganalisa strategi Pembelajaran Berbasis Masalah & Pembelajaran Ekspositori.
Materi / Bahan Kajian :
1. Ciri dan karakteristik.
2. Prinsip penggunaan.
3. Implementasi.
4. kelebihan dan kekurangan
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 8

10. Topik : Strategi Pembelajaran Kooperatif & Kontekstual.
Indikator :
Mahasiswa/i mampu menganalisa strategi Kooperatif & Kontekstual.
Materi / Bahan Kajian :
1. Ciri dan karakteristik.
2. Prinsip penggunaan.
3. Implementasi.
4. Kelebihan dan kekurangan.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 9

11. Topik : Strategi Pembelajaran Pembelajaran Menyenangkan.
Indikator :
1. Mahasiswa/i mampu menjelaskan pengertian Pembelajaran Menyenangkan.
2. Mahasiswa/i mampu mengidentifikasi macam-macam Faktor yang harus diperhatikan agar proses belajar menyenangkan.
Materi / Bahan Kajian :
1. Definisi belajar yang menyenangkan.
2. Faktor yang harus diperhatikan agar proses belajar menyenangkan.
Media & Strategi Pembelajaran :
Contextual teaching and learning (CTL), ceramah, diskusi melalui pembelajaran tatap muka maupun tatap maya, penugasan.
Pemateri :
Kelompok 10

F. REFERENSI

1. Arend, Ricard. 1997. Classroom Instructional Management. New York: The Mc Graw-Hill Company
2. Bahri Syaeful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
3. Dimyati, dkk, 2006, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
4. Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
5. Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
6. Killen, Roy .1998. Effective Teaching Strategies: Lesson from Reseach and Practice, second edition. Australia: Social Science Press
7. Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
8. Sagala, Syaiful, 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
9. Retno Dwi Suyanti, 2010, Strategi Pembelajaran Kimia, Yogyakarta, Graha Ilmu
10. Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:Tarsito
11. Slavin, Robert E. 1982. Cooperative Learning : Teory, Research, and Practice, Boston, MA: Ally and Bacon.
12. Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kegiatan Belajar Mengajar yangefektif, Jakarta: Depdiknas, 2003 
13. Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
14. Arikunto, Suharsimi. 1993. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta. 
15. Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Penerbit Alfabeta
16. Budayasa. I.K. 1998. Teori Belajar Prilaku. Surabaya: Unipres. Unesa. 
17. Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
18. Djamarah, S. B. dan Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 
19. Gulo, W. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
20. M. A., Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia.
21. Moedjiono dan Moh Dimyati. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud. 
22. Mulyati. 2005. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV Andi Offset.
23. Nasution, S. 2000. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. 
24. Nur. M. 1998. Pemotivasian Siswa dalam Belajar. Surabaya: Unesa. Unipress.
25. Nur, M. Wikandari,. P.R. Bambang, S. 1998. Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya: Unesa. Unipress.
26. Nur, M. Wikandari,. P.R. Bambang, S. 1998. Pendekatan-pendekatan Konstruktivis dalam Pembelajaran. Surabaya: Unesa Unipress. 
27. Paulina, Panen. 2003. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : UT.
28. Raka Joni, T. 1983. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
29. Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 
30. Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
31. Soemanto, W. 1998. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 
32. Syah, M. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
33. Winataputra, Udin S., dkk. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud. 
34. Woofolk, A.E 1993. Educational Psychology. Singapore: Allyn and Bacon.
35. Wulandari, Gita Rosi. 2007. Strategi Belajar untuk Suasana Kelas yang Aktif. Jakarta: Pustaka Insan Madani. 
36. Djamarah, S.B. dan Zain A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
37. Hamdani, M.A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo. 
38. Mulyati. 2005. Psikologi Belajar. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
39. Paulina, P. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: UT. dll

G. FORMAT PEMBUATAN MAKALAH

1. Makalah yang disusun mahasiswa merupakan karya ilmiah yang dapat dipertanggung jawabkan kontennya.
2. Makalah wajib dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat memenuhi mata kuliah Pendidikan Aqidah.
3. Kelompok yang terpilih wajib mempresentasikan makalah yang disusun sesuai jadwalnya, sebagai bentuk pertanggung jawaban ilmiah.
4. Naskah makalah ilmiah terdiri dari minimal 8 halaman.
5. Jenis font times new roman, ukuran 12.
6. Menggunakan jenis kertas A4 (210 mm x 297 mm)
7. Dengan format satu kolom.
8. Ukuran margin 3 cm, 3 cm, 3 cm, 3 cm (atas, kiri, bawah, & kanan).
9. Jarak spasi 1,5.
10. Seluruh makalah ilmiah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia, termasuk abstraksi. Wajib menuliskan kutipan ayat maupun hadist dengan jenis font arab atau traditional Arabic, ukuran 14.
11. Makalah terdiri dari : 
1. Kata pengantar.
2. Daftar isi.
3. Pendahuluan meliputi latar belakang penelitian, rumusan masalah, manfaat penelitian, metodologi penelitian.
4. Pembahasan : sub tema yang dituangkan dalam indikator.
5. Penutup : kesimpulan, kritik & saran.
6. Daftar Pustaka dengan format:
a) Nama. Nama penulis ditulis paling awal.
b) Tahun Terbit. Setelah nama, cantumkan tahun terbit dari buku yang teman-teman gunakan sebagai referensi.
c) Judul Buku. Tuliskan judul bukumu secara lengkap.
d) Kota dan Nama Penerbit.
12. Pengumpulan naskah makalah ilmiah melalui admin kalam dan email ke dosen pengampu dengan alamat eduhumaiditamri@gmail.com dan dikumpulkan dalam bentuk word, PDF, & PPT.

H. KONTRAK KULIAH

1. Wajib mengikuti perkuliahan dengan minimal kehadiran 80%.
2. Wajib hadir minimal 5 menit sebelum kelas dimulai.
3. Pada perkuliahan pjj/online mahasiswa wajib membuka kamera dan menutup mikropon selama perkuliahan berlangsung, kecuali bagi mahasiswa yang ditunjuk / pada sesi tanya jawab boleh untuk membuka mikropon, dan mengkondisikannya.
4. Menjaga adab baik di dalam maupun luar perkuliahan.
5. Pertanyaan/saran/kosultasi disampaikan dengan sopan.
6. Kosultasi diluar waktu perkuliahan wajib memperhatikan:
a) Waktu
b) Salam, menyebut identitas dengan jelas (nama lengkap, prodi, kampus), keperluan, penutup.
7. Penilaian terdiri dari:
a) Etika & attitude
b) Kehadiran
c) Musyarakah (keaktifan)
d) Tugas
e) Ujian
8. Mengirimkan tugas sesuai alur yang ditetapkan kampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar