Sabtu, 02 Desember 2023

Cara Menggunakan Mendeley untuk Membuat Sitasi-Daftar Pustaka

Mendapatkan tugas untuk menggunakan Mendeley seringkali terjadi kepada mahasiswa. Namun, apa sebenarnya Mendeley dan bagaimana cara menggunakannya?

Mendeley adalah sebuah program komputer yang dikembangkan oleh perusahaan penerbit Elsevier untuk mengelola makalah penelitian dan mencari data penelitian. Mendeley juga sering digunakan untuk membuat sitasi dan daftar pustaka dalam karya ilmiah, jurnal, dan skripsi.

Mendeley akan sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas. Selain prosesnya yang mudah dan menghemat waktu, penggunaan Mendeley juga dapat mencegah plagiarisme.

Berikut Langkah-langkah Mengunduh Mendeley Gratis:

1. Unduh aplikasi Mendeley dan kunjungi halaman resmi Mendeley di :

2. Daftar dengan menggunakan akun email dan lengkapi data diri.

3. Setelah selesai, klik ‘Register’.

Berikut Langkah-langkah Menghubungkan Mendeley ke Microsoft Word:

1. Buka aplikasi Mendeley.

2. Masuk menggunakan email dan password Anda.

3. Setelah masuk, akan muncul jendela Welcome di Mendeley.

4. Klik “Install MS Word plug-in” untuk menghubungkan Mendeley dengan MS Word. Pastikan Anda tidak memiliki aplikasi Word terbuka saat melakukan langkah ini.

5. Jika jendela Welcome tidak muncul, Anda dapat melakukan langkah alternatif dengan mengakses menu “Tools” pada aplikasi Mendeley, lalu pilih “Install MS Word plug-in”.

6. Buka MS Word untuk memeriksa apakah Mendeley sudah terhubung. Anda dapat melakukannya dengan mengklik tab “References”.
Mendeley siap digunakan di MS Word.

Berikut Langkah-langkah Memasukan Data ke Dalam Tulisan:

1. Kumpulkan jurnal-jurnal yang ingin digunakan sebagai referensi dalam format PDF.

2. Buka aplikasi Mendeley, klik “Create Folder” untuk membuat folder baru.

3. Di panel kanan folder, klik kanan dan pilih “Add Files”, lalu pilih PDF sebagai referensi yang telah dikumpulkan.

4. Sinkronkan PDF yang baru dimasukkan agar dapat langsung terhubung dengan MS Word saat mencarinya. Caranya, klik “Sync” di bawah menu.

5. Setelah berhasil, periksa kembali informasi referensi seperti detail penulis dan lainnya.

Berikut langkah-langkah Membuat Referensi Internet:

1. Buka aplikasi Mendeley.

2. Klik “File” dan pilih “Add Entry Manual”.

3. Masukkan data yang diperlukan seperti judul, penulis, tahun, tautan situs web, dan lain-lain.

4. Sebelum mengisi data yang diperlukan, pastikan Anda memilih jenis artikel sebagai “Web Page”.

5. Klik “Save” untuk menyimpan referensi yang berasal dari internet.

6. Sinkronkan referensi yang telah Anda simpan dengan MS Word.

7. Masukkan sitasi dan daftar pustaka dengan mengklik tab “References”.

8. Gunakan “Insert Citation” untuk memasukkan sitasi, dan “Bibliography” untuk daftar pustaka. Jangan lupa untuk mengganti gaya sitasi dan daftar pustaka sesuai dengan ketentuan penulisan yang diminta.

Cara Membuat Sitasi di Mendeley:

1. Buka dokumen yang sedang Anda tulis.

2. Tempatkan kursor di akhir kalimat yang ingin Anda tambahkan sitasi atau kutipan.

3. Klik tab “References” dan kemudian klik “Insert Citation”. Tuliskan nama penulis atau judul untuk mencari sitasi yang diinginkan.

4. Atau, setelah mengklik “Insert Citation”, pergi ke Mendeley, pilih jurnal yang ingin diambil, lalu klik “Cite”.

Membuat Daftar Pustaka Secara Otomatis di Mendeley:

1. Buat halaman khusus untuk daftar pustaka.

2. Klik “References” dan pilih “Bibliography”.

3. Tunggu hingga daftar pustaka muncul.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar