Jumat, 08 Desember 2023

Memahami Klasifikasi Dan Karakteristik Media Pembelajaran

Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Media Pengajaran
Dosen Pengampu : Dwi Puji Astuti, S.S1, MSc
Disusun Oleh Kelompok 3 Angkatan 5 :
1. Uu Ubaidillah (MPI)
2. Osa Maliki (MPI)
3. Yopi Son Haji (SBA)
4. Muhammad Miftahuddin (PAI)

KATA PENGANTAR

Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah Subhaanahu Wa Ta’aala yang telah melimpahkan petunjuk, kesehatan, ketabahan, dan kesabaran kepada kami penulis makalah “Memahami Klasifikasi Dan Karakteristik Media Pembekajaran” ini terselesaikan. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya.

Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat dan berguna bagi Mahasiswa pada umumnya, dan tidak lupa kami mohon maaf apabila dalam penyusunan makalah ini terdapat kesalahan baik dalam kosa kata ataupun isi dari keseluruhan makalah ini. Sesungguhnya penulis pun belum memahami secara lebih mendalam mengenai materi ini, dan terus mencari referensi lainnya untuk menambah pengetahuan penulis. Dan sebagai penulis kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan untuk itu kritik dan saran sangat kami harapkan demi kebaikan kami untuk kedepannya.

Serang, 6 Desember 2023

Penyusun Makalah
(Kelompok 03)

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.
DAFTAR ISI.
BAB I PENDAHULUAN.
1.1 Latar Belakang.
1.2 Rumusan Masalah.
1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian.
BAB II PEMBAHASAN.
2.1 Klasifikasi Media Pembelajaran.
2.2 Karakteristrik Media Pembelajaran.
2.3 Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran yang Tepat.
BAB III KESIMPULAN.
DAFTAR PUSTAKA.

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan dampak besar pada sektor pendidikan, terutama dalam hal media pembelajaran. Efektivitas pembelajaran dapat tercapai dengan proses perencanaan yang baik. Salah satu bentuk perencanaan yang perlu dilakukan adalah dengan mempersiapkan media pembelajaran. Kedudukan media pembelajaran menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran.

Media pembelajaran, sebagai alat bantu dalam proses transfer ilmu, membutuhkan proses pemilihan media pembelajaran yang tepat yang dapat dilakukan oleh para pendidik yang memiliki kemampuan mengidentifikasi media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan proses belajar dan mengajar.

Dalam pelaksanaannya, pemilihan media pembelajaran memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka tidak ada satu bentuk media pembelajaran yang cocok diterapkan dalam setiap pembelajaran. Sehingga menuntut perhatian ekstra para pendidik untuk merancang media pembelajaran yang tepat guna untuk memaksimalkan kualitas pembelajaran. Beragam bentuk media pembelajaran dari berbagai sumber belajar memberikan pilihan bagi para pendidik untuk mengaplikasikannya ke dalam formula pembelajaran. Sebelum menentukan pilihan tersebut, sudah sepatutnya para pendidik memahami klasifikasi dan karakteristik media pembelajaran dalam pembelajaran.

Setiap media pembelajaran tentu saja memiliki kekhasan tersendiri yang menjadi ciri pembeda antar satu sama lain. Begitu pula adanya media tersebut memiliki jenis yang beragam bentuk yang kemudian pasti membutuhkan pengelompokkan sesuai media pembelajaran. Oleh karena itu, pemahaman mendalam tentang klasifikasi dan karakteristik media pembelajaran menjadi sangat penting bagi para pendidik dan pembuat kebijakan pendidikan..

1.2 Rumusan Masalah

Dalam makalah ini, penyusun membuat rumusan masalah sebagai barikut:

1. Apa saja klasifikasi media pembelajaran?
2. Apa saja karakteristik media pembelajaran?
3. Bagaimana memilih media pembelajaran sesuai dengan klasifikasi dan karakteristiknya?

1.3 Tujuan

Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :
1. Mengetahui beberapa klasifikasi media pembelajaran.
2. Mengetahui beberapa karakteristik media pembelajaran.
3. Membantu para pendidik untuk dapat menentukan media yang tepat di dalam pembelajaran.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Klasifikasi Media Pembelajaran

Media pembelajaran bisa disebut sebuah alat yang dipakai untuk membantu dan mempermudah dalam proses belajar mengajar berlangsung yang bertujuan untuk mempermudah tersampainya materi pembelajaran kepada pemahaman seorang siswa. Hal yang terpenting dalam pemilihan media yaitu seorang pendidik bisa memilih media yang tepat dan akurat.

Terdapat beragam pembagian jenis media pembelajaran yang dikemukakan para ahli, namun pada dasarnya pembagian jenis media tersebut memiliki persamaan. Berikut beberapa macam dari klasifikasi media pembelajaran, yaitu:

a. Media Visual

Media visual meliputi semua jenis media yang memanfaatkan penglihatan. Contohnya :

1. Buku dan modul cetak. Sebagai sumber belajar utama, buku teks menyediakan informasi secara rinci dan terstruktur.

2. Grafik dan diagram. Memudahkan pemahaman konsep abstrak melalui representasi visual.

3. Papan Tulis dan flipchart. Alat tradisional yang efektif untuk menyampaikan informasi secara langsung dan interaktif.

b. Media Audio

Media audio adalah media yang mengandalkan pendengaran, seperti:

1. Rekaman Suara. Podcast dan rekaman pelajaran yang dapat diakses siswa untuk belajar mandiri.

2. Radio Edukasi. Memberikan informasi dan pengetahuan melalui siaran radio.

c. Media Audiovisual

Media ini menggabungkan elemen visual dan audio, contohnya:

1. Video pembelajaran. Menyajikan materi dalam format yang lebih menarik dan mudah dipahami.

2. Televisi edukasi. Program-program edukatif yang dirancang untuk pendidikan

d. Media Digital

Menggunakan teknologi digital dan internet, termasuk:

1. Komputer dan internet. Menyediakan sumber belajar digital yang hampir tidak terbatas.

2. Perangkat lunak edukasi. Aplikasi dan software yang dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran.

2.2 Karakteristik Media Pembelajaran

Dalam penentuan dan pemilihan media pembelajaran ada ketentuan karakteristik media yang harus di perhatikan. Setiap media pembelajaran mempunyai karakteristik yang berbeda dari setiap media untuk digunakan pada proses pembelajaran.

a. Interaktivitas

Media pembelajaran harus mampu memicu interaksi antara siswa dengan materi yang disajikan, termasuk memberikan umpan balik.

b. Kemudahan Penggunaan

Media harus mudah digunakan oleh semua pengguna, termasuk para pendidik dan siswa dengan berbagai latar belakang.

c. Fleksibilitas

Media perlu dapat disesuaikan dengan berbagai situasi pembelajaran, termasuk pembelajaran jarak jauh dan pembelajaran campuran.

d. Multisensori

Media yang baik mampu merangsang lebih dari satu indera, seperti penglihatan, pendengaran, bahkan perabaan, untuk meningkatkan pengalaman belajar.

e. Pengayaan Materi

Media harus memberikan nilai tambah pada materi yang diajarkan, seperti melalui ilustrasi, simulasi, atau contoh kasus.

2.3 Kriteria Pemilihan Media Pembelajaran

Untuk mendapatkan kualitas media pembelajaran yang baik agar dapat memberikan pengaruh yang signifikan dalam proses belajar mengajar, maka diperlukan pemilihan media pembelajaran yang baik dan tepat. Kriteria pemilihan media yang perlu diperhatikan, yakni:

a. Kesesuaian dengan tujuan

Pembelajaran dilaksanakan dengan mengacu pada tujuan yang telah dirumuskan. Maka pemilihan media hendaknya menunjang pencapaian tujuan pembelajaran yang dirumuskan tersebut. Media dipilih berdasarkan tujuan instruksional yang telah ditetapkan yang secara umum mengacu kepada salah satu atau gabungan dari dua atau tiga ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.

b. Ketepatgunaan

Tepat guna dalam konteks media pembelajaran diartikan pemilihan media telah didasarkan pada kegunaan. Jika media itu dirasa belum tepat dan belum berguna maka tidak perlu dipilih dan digunakan dalam pembelajaran.

c. Keadaan peserta didik

Kriteria pemilihan media yang baik adalah disesuaikan dengan keadaan peserta didik, baik keadaan psikologis, filosofis, maupun sosiologis anak. Sebab media yang tidak sesuai dengan keadaan anak didik tidak dapat membantu banyak dalam memahami materi pembelajaran.

d. Ketersediaan

Jangan sampai seorang guru menentukan dan memilih media yang tidak tersedia di sekolah. Jika guru tidak mampu membuat dan memproduksi media maka pilihlah media alternatif yang tersedia di sekolah tersebut untuk menjelaskan materi pembelajaran.

e. Biaya kecil

Seorang guru tidak diperkenankan memilih media yang biayanya mahal tetapi hasil pembelajarannya tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk memproduksi media tersebut. Pilihlah media yang murah dan sederhana tetapi hasilnya banyak dan bagus.

f. Keterampilan guru

Apa pun media yang dipilih, guru harus mampu menggunakannya dalam proses pembelajaran. Nilai dan manfaat media amat ditentukan oleh guru yang menggunakannya. Jangan sampai guru memilih media yang dia sendiri tidak bisa mengoperasionalkan secara baik.

g. Mutu teknis

Kualitas media jelas mempengaruhi tingkat ketersampaian pesan atau materi pembelajaran kepada anak didik. Untuk itu, media yang dipilih dan digunakan hendaknya memiliki mutu teknis yang bagus.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Pemilihan media pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh terhadap efektivitas proses pembelajaran. Dengan memahami klasifikasi dan karakteristik dari masing-masing jenis media, para pendidik dapat lebih mudah dalam menentukan media apa yang paling sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dan diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

3.2 Saran

Demikianlah makalah yang kami buat ini, semoga berrmanfaat dan menambah pengetahuan para pembaca. Pada saat pembuatan makalah, kami menyadari bahwa makalah yang kami susun terdapat banyak kesalahan serta jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca untuk kesempurnaan makalah yang kami susun. Sekian penutup dari kami semoga dapat diterima dihati dan kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya

Daftar Pustaka

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2020). Instructional Technology and Media for Learning. Pearson Education.

Mayer, R. E. (2019). Multimedia Learning. Cambridge University Press.

Bates, A. W. (2015). Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. BCcampus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar