Sabtu, 12 Agustus 2023

TEORI METODOLOGI PENELITIAN

A. STRUKTUR PENELITIAN DAN PENULISAN ILMIAH
1.PENELITIAN ILMIAH OPERASIONALISASI METODE ILMIAH DLM KEGIATAAN KEILMUAN.
2.PENULISAN ILMIAH ARGUMEN PENALARAN KEILMUAN YANG DIKOMUNIKASIKAN LEWAT BAHASA TULISAN.

“WALAUPUN JUDUL PENELITIAN SELALU TERCANTUM DIBAGIAN PALING DEPAN DAN SETIAP LAPORAN PENELITIAN, TETAPI TIDAK BEARTI DILAKUKAN BERANGKAT DARI JUDUL” ( SUGIYONO,1999:298)

B. ALUR PIKIR MEMBUAT JUDUL PENELITIAN :
1. Latar Belakang Masalah.
2. Identifikasi Masalah.
3. Pembatasan Masalah.
4. Judul Penelitian.
Cara lain :
1. Dengan mengetahui variable-variabel penelitian yang telah dibatasi.
2. Tergantung kreativitas mahasiswa.

“LANGKAH PERTAMA DALAM SUATU PENELITIAN ILMIAH ADALAH MENGAJUKAN MASALAH” (Jujun S.Suriasumantri ;1990 :309).

Secara operasional suatu gejala disebut masalah bila gejala itu terdapat dalam situasi tertentu.

C. MASALAH PENELITIAN MENARIK PENELITI :

“EMPAT HAL YANG HARUS DIPENUHI PENELITI DENGAN TERPILIHNYA MASALAH” (Suharsimi Arikunto 1992 :22)
1.SESUAI MINAT
2.DAPAT DILAKSANAKAN
3.FAKTOR PENDUKUNG
4.BERMANFAAT

Siapa?
Apa?
Dimana?
Mengapa?
Bagaimana?
Berapa?
>METODE, ALAT, INSTRUMEN

SIAPAKAH YANG PERLU MENELITI?
Jawab : ORANG YANG MENINGKATKAN HASIL APA SAJA YANG SEDANG IA TEKUNI.

APA YANG DITELITI ?
Jawab : HAL-HAL APA SAJA YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENDIDIKAN, BAIK YANG TERJADI DI SEKOLAH, DI LUAR SEKOLAH DAN KAITAN KEDUANYA.

DIMANA MASALAH ITU DIPEROLEH ?
Jawab :
1.DARI KEHIDUPAN SEHARI- HARI KARENA MENJUMPAI HAL-HAL YANG ANEH DIDORONG OLEH KEINGINAN MENINGKATKAN HASIL KERJA APA SAJA.
2.DIRI SENDIRI DIDORONG OLEH KEBUTUHAN MEMPEROLEH JAWABAN.
3.ORANG LAIN
4.MEMBACA BUKU.

MENGAPA HARUS MENELITI ?
Alasan : ADA SUATU KONDISI YANG HARUS DIPERBAIKI :
Contohnya :
1. MOTIVASI BELAJAR RENDAH.
2. NILAI SISWA RENDAH.
3. MINAT BELAJAR RENDAH.
4. KINERJA GURU DAN KOMPETENSI RENDAH.

BAGAIMANA PENELITIAN DILAKUKAN ?
Metode : GURU INGIN MEMPERBAIKI CARA MENGAJARNYA!
1.PENYELIDIKAN(PTK) > APA ADANYA LANGSUNG DIGUNAKAN.
2.EKSPERIMEN > PENGARUH (SEBAB AKIBAT)

BERAPA ?
Jumlah Populasi Dan Sampel !
Lamanya waktu Penelitian
X Kali Bimbingan

Skripsi, 40-75, Bahasa Indonesia; 25 - 50 Bahasa Asing
Tesis,100 - 150(4000 kata)
Disertasi, 150 - 250(6000 kata)

JENIS PERMASALAHAN
1.MENGETAHUI STATUS DAN MENDESKRIPSIKAN
2.KOMPARASI
3.KORELASI
4.SEJAJAR
5.SEBAB AKIBAT

JUDUL PENELITIAN DIRUMUSKAN SECARA JELAS, NETRAL, SINGKAT
1.SIFAT JENIS PENELITIAN
2.OBYEK YANG DITELITI
3.SUBYEK PENELITIANNYA
4.LOKASI DAERAH PENELITIANNYA
5.TAHUN WAKTU TERJADINYA

PENELITIAN ADALAH UPAYA MENCARI KEBENARAN AKAN SESUATU
PENELITIAN ILMIAH ADALAH PENELITIAN MENGGUNAKAN METODE ILMIAH
UPAYA DALAM PENELITIAN BERUPA KEGIATAN MENELITI

PENGERTIAN MENCARI TIDAK LAIN ADALAH MENCARI JAWABAN ,
(BISA MENEMUKAN ATAU MENGUJINYA)
1.KEBENARAN PENELITIAN ILMIAH ADALAH KEBENARAN ILMIAH
a.BERSISTEM
b.BERMETODE
c.BEROBYEKTIFITAS
d.BERLAKU UMUM

PENELITIAN PENDIDIKAN ADALAH PENELITIAN ILMIAH YANG DITERAPKAN DI DALAM PENDIDIDIKAN

CONTOH KEBENARAN SELARAS DARI UMUM KE KHUSUS SIFATNYA MEMBERIKAN PENJELASAN
Misal,
Premis 1. Semua Mahasiswa Kalam wajib mengikuti matakuliah Statistik
Premis 2. Ali Mahasiswa Kalam.
Kesimpulan : Ali wajib mengikuti matakuliah Statistik
(Premis diartikan sebagai asumsi)

KEBENARAN PERNYATAAN DALAM SATU OBYEK DARI KHUSUS KE UMUM FAKTUAL (MENDUKUNG PERNYATAAN)
Premis1.Udara Pantai Kute panas ( Benar)
Premis 2.Udara di Pantai Ancol panas (Benar)
Kesimpulan :Udara di pantai Pasir Putih juga panas (Benar)
(Premis diartikan   sebagai asumsi)

TUJUAN PENELITIAN
1. MENEMUKAN SEBAB AKIBAT ( EKSPLORASI)
2. PENGEMBANGAN ( DEVELOPMENT)
3. MENGECEK KEBENARAN PENELITIAN LAIN (VERIFIKATIF)

PENELITIAN DITINJAU HADIRNYA VARIABEL
1. MENJELASKAN MENGGAMBARKAN MEMBEBERKAN VARIABEL MASA LALU MASA SEKARANG SEDANG TERJADI (DESKRIPTIF) TIDAK MERUMUSKAN HIPOTESIS
2. BELUM DATANG BELUM TERJADI SENGAJA DIDATANGKAN OLEH PENELITI DISEBUT VARIABEL AKAN DATANG ( EKSPERIMEN)

PENELITIAN DITINJAU PROSES DAN NALISIS DATA
1. KUALITATIF > DIGAMBARKAN DENGAN KATA-KATA KALIMAT YANG DIPISAHKAN MENURUT KATEGORI UNTUK MEMPEROLEH KESIMPULAN
2. KUANTITATIF > BERWUJUD ANGKA HASIL PERHITUNGAN DIPROSES DENGAN BEBERAPA CARA ; DJUMLAHKAN, DIBANDINGKAN DENGAN JUMLAH YANG DIHARAPKAN DIPEROLEH PERSENTASE UNTUK MENCARI STATUS LALU DITAFSIRKAN DENGAN KALIMAT BERSIFAT KUALITATIF

JIKA DATA TELAH TERKUMPUL DIKLASIFIKASIKAN MISALNYA;
> BAIK ( 75%-100%)
> CUKUP ( 56-75%)
> KURANG BAIK (40-55%)
> TIDAK BAIK ( KURANG DARI 40%)

DIJUMLAHKAN, DIKLASIFIKASIKAN (ARRAY ),SELANJUTNYA BUAT TABEL BERHENTI. BOLEH DILANJUTKAN PENGAMBILAN KESIMPULAN UNGKAPAN DATA (GRAFIK POLIGON, OGIVE, DIAGRAM GAMBAR)
> DATA KUALITATIF DI KUANTITATIFKAN KEMBALI KUALITATIF DISEBUT TEKNIK DESKRIPTIF KUALITATIF DENGAN PERSENTASE %
> PENELITIAN DESKRIPTIF BISA DIGUNAKAN UNTUK MENGADAKAN PREDIKSI ATAUPUN KESIMPULAN UMUM SUATU KEJADIAN

PENELITIAN DESKRIPTIF DEVELOPMENTAL
(Mengembangkan fakta/prinsip /produk dari suatu pengetahuan yang sudah ada)
Misal : Pilot Proyek ; peneliti mencoba menerapkan suatu model pada sampel yang sangat terbatas.
Pelaksanaan diamati, datanya dibandingkan dengan kriteria sudah ditetapkan menjadi tujuan
Apabila dalam pelaksanaan terdapat kesulitan / hambatan; maka diadakan modifikasi terhadap model maupun pelaksanaannya
Setelah agak mantap perjalanannya, sedikit demi sedikit diadakan perluasan,penyebaran melalui tahap sebelum dipertanggung jawabkan

LATAR BELAKANG MASALAH
1.UNGKAPKAN KONDISI IDIAL MENGAPA MASALAH ITU DITELITI ?
2.SAJIKAN FAKTA FAKTUAL ( BENTUK TABEL, PERSENTASE NARASI ) DAN GEJALA TIMBULNYA MASALAH SESUAI POPULASI SAMPEL,
3.SOLUSI : UTARAKAN KEUNTUNGAN / KERUGIAN JIKA DITELITI / TIDAK TELITI

Contoh; Ilustraasi Masalah Deskriptif :
PRODUKTIFITAS KERJA PEGAWAI YAYASAN (X)DIKOTA (M) TAHUN 2022/2023
- Upah : Rp. 500 Ribu, Durasi : 2 Per Bulan.
- Upah : Rp. 600 Ribu, Durasi : 3 Per Bulan.
- Upah : Rp. 300 Ribu, Durasi : 1 Per Bulan.
- Upah : Rp. 700 Ribu, Durasi : 4 Per Bulan.
- Upah : Rp. 400 Ribu, Durasi : 1 Per Bulan.
- Upah : Rp. 500 Ribu, Durasi : 3 Per Bulan.
- Upah : Rp. 400 Ribu, Durasi : 2 Per Bulan.
- Upah : Rp. 350 Ribu, Durasi : 2 Per Bulan.
Perlu pula diuraikan secara jelas tentang kedudukan masalah yang hendak diteliti itu di dalam wilayah bidang studi yang ditekuni oleh peneliti yang bersangkutan

Untuk mampu merumuskan latar belakang secara runtun,jelas dan tajam, maka mahasiswa dituntut untuk mampu membaca dan memaknakan gejala-gejala yang muncul dalam ilmu yang ditekuninya

Syarat mutlak yang harus mahasiswa kuasai yaitu ; memiliki pengetahuan yang luas dan terpadu mengenai teori –teori dan hasil penelitian- penelitian terdahulu yang terkait.

ALASAN PEMILIHAN JUDUL PENELITIAN :
1.PENTING DICARI PEMECAHAN MASALAHNYA
2.MENARIK MINAT PENELITI KARENA PENGALAMAN
3.SEPENGETAHUAN PENELITI BELUM ADA YANG MENELITI/ SUDAH ADA TAPI BELUM TERBACA

IDENTIFIKASI MASALAH :
1.UMUM
MENDETEKSI MELACAK MENJELASKAN
MUNCUL JUDUL PENELITIAAN
2.HASIL
DIANGKAT SEJUMLAH MASALAH SALING TERKAIT DENGAN YANG LAIN SEHINGGA LENGKAP JELAS
3. PROSES PERUMUSAN MASALAH YANG AKAN DITELITI, DIKEMUKAKAN DALAM BENTUK PERTANYAAN TANPA TANDA TANYA, HARUS DIJAWAB PADA BAGIAN HASIL PENELITIAN.
4. IDENTIFIKASI YANG BAIK,
PERLU STUDI PENDAHULUAN/BATASAN MASALAH ; APA YANG HARUS DIHUBUNGI, DILIHAT, DITELITI, DIKUNJUNGI YANG SEKIRANYA MEMPBERIKAN INFORMASI DATA YANG AKAN DIKUMPULKAN

SUMBER DATA
1.OBSERVASI (TEMPAT),
2.WAWANCARA (MANUSIA),
3.BUKU, SEHINGGA PERMASALAHAN DAPAT DIUNGKAPKAN
5. HUBUNGKAN MASALAH YANG SATU DENGAN YANG LAIN DALAM BENTUK VARIABEL UNTUK DITELITI, APA SAJA DIDUGA BERPENGARUH POSITIF DAN NEGATIF
6. IDENTIFIKASI YANG DIAJUKAN TIDAK HARUS DIBATASI OLEH KETENTUAN JUMLAH VARIABEL YANG DILIBATKAN (V BEBAS, V TERIKAT) JUMLAH PERNYATAAN TIDAK HARUS TIGA, BISA JUGA SATU TETAPI MEMUAT SELURUH PERMASALAHAN YANG DITELITI ( RIDUWAN,2008:10)

Contoh : IDENTIFIKASI MASALAH
Ingin mengetahui besarnya upah pegawai dengan lamanya kerja pada yayasan X dikota M

3. BATASAN MASALAH
Batasan Masalah, merupakan upaya untuk menetapkan batas – batas permasalahan dengan jelas, yang memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasikan faktor mana saja yang termasuk ke dalam lingkup permasalahan dan faktor mana yang tidak.

Masalah utama yang akan dikaji dalam penelitian ini bahwa produktifitas kerja pegawai yayasan X di kota M belum optimal. Hal ini diduga antara lain dipengaruhi oleh upah pegawai yang masih rendah. Berdasarkan pernyataan masalah tersebut, maka masalahnya dibatasi yaitu; Sejauhmana besarnya upah pegawai dengan lamanya kerja pada yayasan X dikota M

4. RUMUSAN MASALAH
Rumusan Masalah, merupakan upaya untuk menyatakan secara tersurat pernyataan - pernyataan apa saja – yang ingin peneliti carikan jawabannya.

Berdasarkan identifikasi dan batasan masalah di atas maka rumusan masalah penelitian diuraikan sebagai berikut : Sejauhmana besarnya upah pegawai dengan lamanya kerja pada yayasan X dikota M ?


IDENTIFIKASI MASALAH
Ingin mengetahui besarnya upah pegawai dengan lamanya kerja pada yayasan X dikota M
BATASAN MASALAH
Sejauhmana besarnya upah pegawai dengan lamanya kerja pada yayasan X dikota M
RUMUSAN MASALAH
Sejauhmana besarnya upah pegawai dengan lamanya kerja pada yayasan X dikota M ?

4.Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian :
Tujuan penelitian adalah mengungkapkan keinginan peneliti untuk memperoleh jawaban atas permasalahan penelitian yang diajukan (harus relevan dan konsisten dengan identifikasi dan rumusan masalah)

>MASALAH HAL YANG DIPERTANYAKAN
Besarnya upah pegawai dengan lamanya kerja yayasan X di kota M ?
>TUJUAN PENELITIAN JAWABAN YANG INGIN DICARI
Sejauhmana besarnya upah pegawai dengan lamanya kerja pada yayasan X di kota M ?,
>KESIMPULAN : JAWABAN YANG DIPEROLEH (setelah melakukan penelitian)

TUJUAN PENELITIAN :

1.Tujuan Umum Penelitian : untuk mengetahui lamanya kerja dan besarnya upah pegawai pada yayasan X di kota M.
2.Tujuan Khusus Penelitian :
a.Untuk mengetahui besarnya upah yang diterima pegawai pada yayasan X di kota M.
b.Untuk mengetahui lamanya kerja pegawai pada yayasan X di kota M.
c.Untuk mengetahui hubugan besarnya upah yang diterima dengan lamanya kerja pada yayasan X di kota M.
d.Untuk mengetahui pengaruh besarnya upah yang diterima terhadap lamanya kerja pegawai pada yayasan X di kota M.

KEGUNAAN PENELITIAN
Teoritis :
a.Sebagai sumbangan dan memperluas wawasan…
b.Memberikan sumbangan dan memperluas wawasan …
c.Menambah konsep baru dapat dijadikan bahan rujukan…
Praktis :
a.Sebagai sumbangan pikiran …
b.Dapat meningkatkan …
c.Digunakan sebagai tolak ukur kerja …

Dijumpai KESALAHAN YANG SERING DILAKUKAN MAHASISWA DALAM MENULIS TUJUAN PENELITIAN
1.UNTUK MEMENUHI TUGAS DALAM MENCAPAI GELAR SARJANA ATAU MAGISTER > SEHARUSNYA INI DITULIS PADA SAMPUL SKRIPSI ATAU TESIS.
2.MENCATAT DATA > DISEBUT KEGIATAN PENELITIAN

KAJIAN TEORI :
1. Pengertian produktifitas pegawai.
2. Perencanaan lembaga pendidikan.
3. Proses dan pelaksanaan mengelola lembaga pendidikan.
4. Pengawasan lembaga pendidikan.
5. Evaluasi sistem Pelaporan.
5. Hambatan hambatan dalam menjalankan produktifitas kerja.
6. Pemecahan masalah produktifitas kerja.
7. Tindak lanjut kebijakan dan efektifitas pelaksanaan lembaga sesuai peraturan berlaku.

Variabel Produktifitas Kerja
Sugiyono (2001: 27) mengutip Sutermeister (1976) dalam Riduwan (2004 : 27) mengemukakan faktor-faktor yang mempengaruhi produktifitas seseorang yaitu:
a.Perkembangan teknologi (metode kerja)
b. Penampilan kerja dipengaruhi oleh:

1) Motivasi kerja dipengaruhi oleh:
a.Kondisi sosial ( organisasi formal,serikat pekerja, organisasi informal dan para pemimpin)
b. Kebutuhan individu
c. Kondisi fisik tempat kerja

2) Kemampuan dipengaruhi oleh :
a. Pengetahuan ( latihan pengalaman kerja dan pendidikan)
b. Keterampilan (skil yaitu pendidikan, sikap dan kepribadian)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar