Jumat, 18 Agustus 2023

Ketentuan Penulisan Bab I Penelitian

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Metodologi Penelitian
Dosen Pengampu : Bambang Suwisno, M.M
Oleh : …
Prodi : …

BAB I. PENDAHULUAN

Bab pendahuluan memuat latar belakang masalah, identifikasi masalah, pembatasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Pada bab ini data statistik yang relevan dapat disediakan untuk mendukung argumen pentingnya penelitian dilakukan. Apabila penelitian pengembangan, perlu dijelaskan dengan rinci, apa yang akan dikembangkan dan spesifikasi produk. Kutipan pendapat dan pengertian dapat ditulis pada bab ini. Teori atau konsep yang lebih detail ditulis pada Bab II.

a. Latar Belakang Masalah

Latar Belakang masalah adalah informasi yang tersusun sistematis berkenaan dengan fenomena dan masalah problematik yang menarik untuk di teliti. Masalah terjadi saat harapan ideal akan sesuatu hal tidak sama dengan realita yang terjadi. Tidak semua masalah adalah fenomena dan menarik. Masalah yang fenomenal adalah saat menjadi perhatian banyak orang dan di bicarakan di berbagai kalangan di masyarakat.

Latar belakang dimaksudkan untuk menjelaskan alasan mengapa masalah dalam penelitian ingin diteliti, pentingnya permasalahan dan pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut baik dari sisi teoritis dan praktis.

Latar belakang penelitian berisi, Alasan rasional dan esensial yang membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian berdasarkan fakta-fakta, data, referensi dan temuan penelitian sebelumnya. Gejala-gejala kesenjangan yang terdapat di lapangan sebagai dasar pemikiran untuk memunculkan permasalahan dan bagaimana penelitian mengisi ketimpangan yang ada berkaitan dengan topik yang diteliti.

b. Identifikasi Masalah

Identifikasi masalah adalah pengenalan masalah atau inventarisir masalah. Identifikasi masalah adalah salah satu proses penelitan yang boleh dikatakan paling penting diantara proses lain. Masalah penelitian akan menentukan kualitas dari penelitian, bahkan juga menentukan apakah sebuah kegiatan bisa disebut penelitian atau tidak. Masalah penelitian secara umum bisa kita temukan lewat studi literatur atau lewat pengamatan lapangan (observasi, survey, dsb). Masalah penelitian bisa didefinisikan sebagai pernyataan yang mempermasalahkan suatu variabel atau hubungan antara variabel pada suatu fenomena. Sedangkan variabel itu sendiri dapat didefinisikan sebagai pembeda antara sesuatu dengan yang lain.

c. Pembatasan Masalah

Batasan masalah adalah ruang lingkup masalah atau membatasi ruang lingkup masalah yang terlalu luas / lebar sehingga penelitian lebih bisa fokus untuk dilakukan. Hal ini dilakukan agar pembahasan tidak terlalu luas kepada aspek-aspek yang jauh dari relevan sehingga penelitian bisa lebih fokus untuk dilakukan. Dari sekian banyak masalah tersebut dipilihlah satu atau dua masalah yang akan dipermasalahkan, tentu yang akan diteliti (lazim disebut dengan batasan masalah). Batasan masalah jadinya berati pemilihan satu atau dua masalah dari beberapa masalah yang sudah teridentifikasi.

d. Rumusan Masalah

Rumusan masalah adalah pertanyaan penelitian, yang umumnya disusun dalam bentuk kalimat tanya, pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menjadi arah kemana sebenarnya penelitian akan dibawa, dan apa saja sebenarnya yang ingin dikaji / dicari tahu oleh si peneliti.

e. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian adalah penjelasan yang rigid tentang mengapa penelitian dengan topik yang dipilih. Pada prinsipnya, tujuan penelitian adalah untuk menjawab rumusan masalah. Jadi, untuk membuat tujuan masalah cukup menarasikan kembali rumusan masalah yang sebelumnya ditulis dalam kalimat tanya menjadi kalimat aktif atau pasif.

f. Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian adalah keuntungan atau potensi yang bisa diperoleh oleh pihak-pihak tertentu setelah penelitian diselesaikan. Pada umumnya, manfaat penelitian dibagi menjadi dua yaitu manfaat teoritis atau akademis dan manfaat praktis.

****

Catatan Tambahan :
(Sesuai Arahan Dosen)

1. Tidak ada kata "kita", "kami", "saya" dalam penulisan makalah atau skripsi.
2. Dalam makalah : gunakan kata "Penulis".
3. Dalam skripsi : gunakan kata "Peneliti".
4. Hati-hati dalam penggunaan kata peran dan peranan. Bedakan arti peran dan peranan.

Peran diartikan sebagai perangkat tingkah yang diharapkan dimiliki oleh orang yang berkedudukan dalam masyarakat. Sedangkan peranan merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang dalam suatu peristiwa. Organisasi), (Bandung: Alfabeta, 2014), hlm, 86.

5. Judul dibuat sesuai dengan minat penelitian.
6. Hindari kata "Efektifitas", "Implementasi", "Kreatifitas" dalam penulisan Judul. Karena makna kata tersebut sulit diukur.
- Kata implementasi bisa di ganti dengan kata : Pelaksanaan, Aktifitas, Proses.
- Kata Problematika, memiliki arti yang banyak. Bisa diganti dengan kata : Tindakan,
- Jika mengunakan kata implementasinya harus dilanjurkan dengan uraian penerapannya.
- Kata untuk penelitian kuantitatif : Pengaruh, Perbandingan,
7. Hindari kata-kata yang kurang pantas menurut suatu daerah tertentu.
8. Dalam menulis yang perlu diperhatikan pada Bab I :
- Jangan ada kata "adalah".
- Hanya ada fakta real yang terjadi. Bisa berupa grafik, gambar, narasi.

Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar