Sabtu, 25 Februari 2023

Model-model Pembelajaran Yang Efektif (3)

Rangkuman atas pemaparan mata kuliah Metode Pendidikan Islam
| Live google meet | Ahad, 26 Februari 2023 Jam 16.00 - 17.30 WIB |
Oleh Dosen Pengampu : Dr. Lena Rahmidar, M.Pd

26). WORD SQUARE
Media :
* BUAT KOTAK SESUAI KEPERLUAN
* BUAT SOAL SESUAI TPK
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
2. Guru membagikan lembaran kegiatan sesuai contoh.
3. Siswa menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban.
4. Berikan poin setiap jawaban dalam kotak.

CONTOH

  T     Y     E     N     I     O     K     N

  R     A     U     A     N     K     U     O

  A     B     A     R     T     E     R     M

  N     A     N     I      R     R     S     I

  S     D     G     I      I      T     G     N

  A     O     N     L     S     A     I     A

  K     L     A      A     I     S     R     L

  S     A     C     E     K     B     O     S

  I     R     I      N     G     G     I     T


CONTOH SOAL
1. Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …….
2. ……. Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3. Uang ……. Saat ini banyak di palsukan
4. Nilai bahan pembuatan uang disebut …….
5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai …….
6. Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut …….
7. Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai …….
8. Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut motif …….
9. Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke bank untuk membayar sejumlah uang disebut …….

27). SCRAMBLE
Media :
1. Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai.
2. Buat jawaban yang diacak hurufnya.
Langkah-langkah :
1. Guru menyajikan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
2. Membagikan lembar kerja sesuai contoh.
SUSUNLAH HURUF-HURUF PADA KOLOM B SEHINGGA MERUPAKAN KATA KUNCI (JAWABAN) DARI PERTANYAAN KOLOM A.

A
1. Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara …
2. ..... digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.
3. Uang ..... saat ini banyak dipalsukan.
4. Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai ...
5. Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut nilai ...
6. Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uang asing disebut ...
7. Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai ...
8. dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli disebut ...
9. perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di bank untuk membayar sejumlah uang disebut ...

B
1. TARREB ..................................
2. GANU .......................................
3. TRASEK ....................................
4. KISTRINI ....................................
5. LIRI .............................................
6. SRUK .......................................
7. MINALON ...............................
8. SAKSITRAN ..............................
9. KEC ..........................................

28). TAKE AND GIVE
Media :
1. Kartu ukuran ± 10x15 cm sejumlah peserta tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda dengan kartu yang lainnya, materi sesuai dengan TPK.
2. Kartu contoh sejumlah siswa.
3. CONTOH Kartu :

    NAMA SISWA : 
    SUB MATERI : 
    NAMA YANG DIBERI
    1.
    2.
    3.
    4.
   dst.

Langkah-langkah :
1. Siapkan kelas sebagaimana mestinya.
2. Jelaskan materi sesuai kompetensi yang ingin dicapai.
3. Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit.
4. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu contoh.
5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give).
6. Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain).
7. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan.
8. Kesimpulan.

29). CONCEPT CENTENCE
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai. Guru menyajikan materi secukupnya.
2. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
3. Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.
4. Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
5. Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh Guru.
6. Kesimpulan.
Media :
SIAPKAN BLANGKO ISIAN BERUPA PARAGRAF YANG KALIMATNYA BELUM LENGKAP
Langkah-langkah :
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2. Guru Menyampaikan materi secukupnya atau siswa disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya.
3. Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen.
4. Guru membagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap (lihat contoh).
5. Siswa berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
6. Siswa berdiskusi secara berkelompok.
7. Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki. Tiap peserta membaca sampai mengerti atau hapal.
8. Kesimpulan.

30). TIME TOKEN (Arend, 1998)
STRUKTUR YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENGAJARKAN KETERAMPILAN SOSIAL, UNTUK MENGHINDARI SISWA MENDOMINASI PEMBICARAAN ATAU SISWA DIAM SAMA SEKALI
Langkah-langkah :
1. Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
2. Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
3. Bila telah selesai bicara kopon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap bebicara satu kupon.
4. Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
5. Dan seterusnya

31). PAIR CHECK (Spencer Kagen, 1993)
APA YANG DILAKUKAN? BEKERJA BERPASANGAN
Guru membentuk tim berpasangan berjumlah 2 (dua) siswa. Setiap pasangan mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih

PELATIH MENGECEK
Apabila patner benar pelatih memberi kupon.

BERTUKAR PERAN
Seluruh patner bertukar peran dan mengurangi langkah 1 - 3.

PASANGAN MENGECEK
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban.

PENEGASAN GURU
Guru mengarahkan jawaban /ide sesuai konsep.

32). KELILING KELOMPOK
Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggota lainnya.
Caranya :
1. Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan.
2. Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya.
3. Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan.

33). TARI BAMBU
Agar siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan pertukaran pengalaman pikiran dan informasi antar siswa.
Caranya :
1. Separuh kelas atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar . Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar di sela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2. Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama.
3. Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi sinformasi.
4. Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri di ujung salah satu jajaran pindah ke ujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan.

34). DUA TINGGAL DUA TAMU (2 Stay 2 Stray, Spencer Kagen, 1992) 
MEMBERI KESEMPATAN KEPADA KELOMPOK UNTUK MEMBAGIKAN HASIL
DAN INFORMASI DENGAN KELOMPOK LAINNYA.
Caranya :
1. Siswa bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang.
2. Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain
3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka.
4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
5. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.

(SELESAI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar