Jumat, 20 Januari 2023

Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Metode

Rangkuman atas pemaparan mata kuliah Metode Pendidikan Islam
| Live google meet | Ahad, 22 Januari 2023 Jam 16.00 - 17.30 WIB |
Oleh Dosen Pengampu : Dr. Lena Rahmidar ,M.Pd

A. Latar Belakang 

1. QS : Al-Hasyr (59) : 18

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ وَلْتَنْظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌ ۢبِمَا تَعْمَلُوْنَ 

Terjemah : "Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat). Bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan".

2. Permendiknas No.63 Tahun 2009 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan.

Tahapan Pengembangan Sekolah :

➡️ Rencana Pengembangan Sekolah.
➡️ Pengembangan Kinerja SDM.
➡️ Pengembangan Kurikulum.
➡️ Pengembangan Sarana dan Prasarana.
➡️ Peningkatan Mutu Sekolah.
➡️ Menuju Sekolah Unggul.

Pengertian Metode :

Dalam bahasa Arab metode disebut “Thariqat” yang berarti jalan, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, “metode” adalah “Cara yang teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai maksud”. Sehingga dapat dipahami bahwa metode berarti suatu cara yang harus dilalui untuk menyajikan bahan pelajaran agar tercapai tujuan pengajaran.

Menurut Armai Arief secara etimologi, metode berasal dari bahasa yunani “methodos”. Kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu metha yang berarti melalui atau melewati dan hodos yang berarti jalan atau cara. Metode berarti suatu jalan.

Sedangkan menurut Abuddin Nata, “metode dapat berarti cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai suatu tujuan. Selain itu, ada pula yang mengatakan bahwa metode adalah suatu saran untuk menemukan, menguji, dan menyusun data yang diperlukan bagi pengembangan disiplin ilmu tersebut".

Sedangkan Pengertian Metoda secara Istilah menurut ahli Pendidikan diantaranya adalah :

▪️ Hasan langgulung,  mendenifisikan bahwa metode adalah cara atau jalan yang harus dilalui untuk mencapai tujuan.

▪️ Abd. Al-Rahman Ghunaiman,    mendenifisikan bahwa metode adalah cara-cara yang praktis dalam mencapai tujuan.

▪️ Al-Abrasyi, mendefinisikan metode sebagai jalan yang kita ikuti untuk memberi paham kepada murid-murid segala macam pelajaran.

▪️ Al-Syaibani, mendenifisikan metode sebagai cara-cara yang praktis yang menjalankan tujuan-tujuan dan maksud.

▪️ Ahmad Tafsir, mendenifisikan metode pendidikan sebagai semua cara yang digunakan dalam upaya mendidik. Oleh karena itu, kata metode di sini diartikan secara luas mencakup juga metode mengajar, karena mengajar termasuk salah satu upaya mendidik.

Fungsi dan Tujuan Metode :

Fungsi metode secara umum dapat dikemukakan sebagai pemberi jalan atau cara yang sebaik mungkin bagi pelaksanaan operasional dari ilmu pendidikan tersebut. Sedangkan dalam konteks lain metode dapat merupakan sarana untuk menemukan, menguji dan menyusun data yang diperlukan bagi pengembangan disiplin ilmu.

Prinsip yang umum dalam memfungsikan metode, yaitu suatu prinsip agar pengajaran dapat disampaikan dalam suasana yang menyenangkan, menggembirakan, penuh dorongan dan motivasi, sehingga pelajaran atau materi didikan itu dapat dengan mudah diberikan.

Metode adalah cara yang efektif dan efisien, digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata, agar tujuan yang telah disusun tercapai secara optimal, ini berarti metode bertujuan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan.

Dengan demikian, metode dalam rangkaian system pembelajaran memegang peran yang sangat penting. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode pembelajaran, karena suatu strategi pembelajaran hanya mungkin dapat diimplementasikan melalui penggunaan metode pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar