Jumat, 20 Januari 2023

Silabus Sejarah Pendidikan Islam (SPI)

Deskripsi -1
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kemampuan:
Metodologi. Kemampuan metodologis sangat dibutuhkan terutama untuk kajian-kajian sejarah pendidikan Islam baik dalam arti kelembagaan maupun aktivitas kependidikannya.
Wawasan. Wawasan tentang sejarah pendidikan Islam merupakan bekal penting bagi mereka calon sarjana pendidikan Islam terutama untuk memahami tahap-tahap perkembangan pendidikan Islam.

Deskripsi -2
Pendidikan Islam sekarang sebagai suatu kesinambungan sejarah masa lalu masih terus akan bergerak ke depan hingga menemukan bentuk yang ideal.
Berbagai bentuk pendidikan Islam yang ada sekarang mungkin sesuai untuk kebutuhan sekarang, tapi bahkan mungkin keberadaannya diterima dengan terpaksa oleh masyarakat Islam karena belum ditemukan bentuk yang mereka harapkan.
Pengetahuan sejarah mempuyai arti penting di sini terutama untuk turut membantu mengarahkan perubahan bentuk pendidikan Islam ke depan yang sesuai harapan masyarakat Islam.

KOMPETENSI
Dari perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki wawasan serta kemampuan metodologis dalam merekonstruksi sejarah pendidikan Islam.

Materi Kuliah-1
Pendidikan Islam Masa Nabi dan Sahabat.
Materi Kuliah-2
Pendidikan Islam Masa Umayyah dan Abbasiyah.
Materi Kuliah-3
Madrasah-Madrasah Besar : Kemunculan dan Kontribusinya dalam Pendidikan Islam.
Materi Kuliah-4
Asal-usul dan perkembangan kelembagaan pesantren di Indonesia.
Materi Kuliah-5
Sistem pendidikan pesantren: tradisi dan proses pembelajaran.
Materi Kuliah-7
Perkembangan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah umum.
Materi Kuliah-8
Memahami dinamika pendidikan Islam di era Modernitas.
Materi Kuliah-9
Kyai dan guru agama modern tentang proses pergeseran orientasi dan peran.
Materi Kuliah-10
Kontribusi Muhammadiyah dalam Pengembangan Pendidikan Islam.
Materi Kuliah-11
Organisasi, Lembaga dan Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam di Indonesia.
Materi Kuliah-12
NU dan Pelestarian Tradisi Pesantren.

Metode & Evaluasi
Metode Kuliah : Ceramah, dialog, diskusi dan penugasan.
Evaluasi : Nilai mata kuliah ini ditentukan dari tugas, presentasi makalah dan partisipasi di kelas, tugas.

Bacaan Wajib :
✅Karel A. Steenbrink.1986. Pesantren Madrasah Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta : LP3ES.
✅Abudin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
✅Khozin. 2006. Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia; Rekonstruksi Sejarah untuk Aksi. Malang: UMM-Press.

Bacaan Penunjang :
✅Azyumardi Azra. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusandara Abad XVII dan XVIII.
✅Charles Michael Stanton. Perguruan Tinggi Islam.
✅Abdurrahman Mas’ud, Dinamika Pesantren dari Madrasah, (Yogyakarta: IAIN Walisongo dan Pustaka Pelajar 2002).
✅Deliar Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta: LP3ES, 1973.
✅Hasan Asari. Menyingkap Zaman keemas an Islam; Kajian atas Lembaga-lembaga Pendidikan islam.
✅Amin Hoedari, Masa Depan Pesantren (Jakarta: IRD Press, 2005).
✅Louis Gottschalk. Mengerti Sejarah: Pengantar Metode Sejarah.
✅Maksum. Madrasah; Sejarah dan Perkembangannya.
✅Martin Van Bruinessen Kitab Kuning Pesantren dan Tarikat.

Catatan untuk Tugas Kelompok :
✅Makalah sudah dikirim paling lama 1 hari sebelum jadwal kuliah.
✅Kirim ke wa 0852950542883 dalam bentuk ppt dan pdf.
✅Setiap mahasiswa diberikan waktu 30-40 menit untuk presentasi.
✅Diskusi 40 menit.
✅Sisa waktu untuk evaluasi dan feedback.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar