Deskripsi -1
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan kemampuan:
✅Metodologi. Kemampuan metodologis sangat dibutuhkan terutama untuk kajian-kajian sejarah pendidikan Islam baik dalam arti kelembagaan maupun aktivitas kependidikannya.
✅Wawasan. Wawasan tentang sejarah pendidikan Islam merupakan bekal penting bagi mereka calon sarjana pendidikan Islam terutama untuk memahami tahap-tahap perkembangan pendidikan Islam.
Deskripsi -2
✅Pendidikan Islam sekarang sebagai suatu kesinambungan sejarah masa lalu masih terus akan bergerak ke depan hingga menemukan bentuk yang ideal.
✅Berbagai bentuk pendidikan Islam yang ada sekarang mungkin sesuai untuk kebutuhan sekarang, tapi bahkan mungkin keberadaannya diterima dengan terpaksa oleh masyarakat Islam karena belum ditemukan bentuk yang mereka harapkan.
✅Pengetahuan sejarah mempuyai arti penting di sini terutama untuk turut membantu mengarahkan perubahan bentuk pendidikan Islam ke depan yang sesuai harapan masyarakat Islam.
KOMPETENSI
✅Dari perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki wawasan serta kemampuan metodologis dalam merekonstruksi sejarah pendidikan Islam.
Materi Kuliah-1
Pendidikan Islam Masa Nabi dan Sahabat.
Materi Kuliah-2
Pendidikan Islam Masa Umayyah dan Abbasiyah.
Materi Kuliah-3
Madrasah-Madrasah Besar : Kemunculan dan Kontribusinya dalam Pendidikan Islam.
Materi Kuliah-4
Asal-usul dan perkembangan kelembagaan pesantren di Indonesia.
Materi Kuliah-5
Sistem pendidikan pesantren: tradisi dan proses pembelajaran.
Materi Kuliah-7
Perkembangan pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di sekolah umum.
Materi Kuliah-8
Memahami dinamika pendidikan Islam di era Modernitas.
Materi Kuliah-9
Kyai dan guru agama modern tentang proses pergeseran orientasi dan peran.
Materi Kuliah-10
Kontribusi Muhammadiyah dalam Pengembangan Pendidikan Islam.
Materi Kuliah-11
Organisasi, Lembaga dan Tokoh-Tokoh Pendidikan Islam di Indonesia.
Materi Kuliah-12
NU dan Pelestarian Tradisi Pesantren.
✅Metode Kuliah : Ceramah, dialog, diskusi dan penugasan.
✅Evaluasi : Nilai mata kuliah ini ditentukan dari tugas, presentasi makalah dan partisipasi di kelas, tugas.
Bacaan Wajib :
✅Karel A. Steenbrink.1986. Pesantren Madrasah Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern. Jakarta : LP3ES.
✅Abudin Nata, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2004.
✅Khozin. 2006. Jejak-jejak Pendidikan Islam di Indonesia; Rekonstruksi Sejarah untuk Aksi. Malang: UMM-Press.
Bacaan Penunjang :
✅Azyumardi Azra. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusandara Abad XVII dan XVIII.
✅Charles Michael Stanton. Perguruan Tinggi Islam.
✅Abdurrahman Mas’ud, Dinamika Pesantren dari Madrasah, (Yogyakarta: IAIN Walisongo dan Pustaka Pelajar 2002).
✅Deliar Noer, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta: LP3ES, 1973.
✅Hasan Asari. Menyingkap Zaman keemas an Islam; Kajian atas Lembaga-lembaga Pendidikan islam.
✅Amin Hoedari, Masa Depan Pesantren (Jakarta: IRD Press, 2005).
✅Louis Gottschalk. Mengerti Sejarah: Pengantar Metode Sejarah.
✅Maksum. Madrasah; Sejarah dan Perkembangannya.
✅Martin Van Bruinessen Kitab Kuning Pesantren dan Tarikat.
Catatan untuk Tugas Kelompok :
✅Makalah sudah dikirim paling lama 1 hari sebelum jadwal kuliah.
✅Kirim ke wa 0852950542883 dalam bentuk ppt dan pdf.
✅Setiap mahasiswa diberikan waktu 30-40 menit untuk presentasi.
✅Diskusi 40 menit.
✅Sisa waktu untuk evaluasi dan feedback.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar