Sabtu, 08 Oktober 2022

Hakekat Psikologi Pendidikan

TUJUAN:
“Mahasiswa dapat menyebutkan definisi psikologi, pendidikan dan psikologi pendidikan serta dapat menyebutkan ruang lingkup psikologi pendidikan dan sumbangan psikologi pendidikan baik secara teoritis maupun praktis”

A. Definisi Psikologi

Berasal dari Kata Yunani :
Psyche: jiwa, 
Logos: ilmu,
Yaitu Ilmu yang mempelajari gejala-gejala jiwa.
JIWA = NYAWA = SUKMA = ATMA = BUDI = ROHANI = ROH-ROBBANI = ROH HAYATI

JIWA :
Menurut pendapat beberapa tokoh :
Ki Hajar Dewantara
1. Kekuatan yang menyebabkan hidupnya manusia.
2. Menyebabkan manusia : dapat berfikir, perasaan dan kehendak.
3. Menyebabkan orang mengerti atau insyaf akan segala gerak jiwanya.

Levens Beginsel
• Jiwa adalah kekuatan hidup.
• Tiap Makhluk Hidup Punya Jiwa :
1. ANIMA VEGETATIVA: Tumbuhan punya kemampuan untuk makan-minum dan berkembang biak
2. ANIMA SENSITIVA: Hewan
3. ANIMA INTELEKTIVA: Manusia (hewan+ berfikir dan berkemauan)

Cambridge International Dictionary of English, p.383
“The scientific study of the way the human mind works and how it influences behaviour, or the influence of particuler person’s character on their behaviour”.
Studi ilmiah tentang jalan pikiran manusia bekerja dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi perilaku, atau karakter seseorang pada perilaku mereka.

Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990) 
 Ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung atau pun tidak langsung.

Dakir (1993): 
• Psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya

Muhibbin Syah (2001); 
• Ilmu pengetahuan yang mempelajari TL terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku pribadi maupun kelompok dalam hubungan dengan lingkungan.

Jadi Psikologi adalah..
• Ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, baik sebagai individu maupun dalam hubungannya dengan lingkungannya. Tingkah laku tersebut berupa tingkah laku yang tampak maupun tidak tampak, tingkah laku yang disadari maupun tidak disadari.

Gejala jiwa pada manusia dibedakan menjadi:
1. Gejala pengenalan (kognisi)
2. Gejala perasaan (afeksi)
3. Gejala kehendak (konasi)
4. Gejala campuran (psikomotorik)

Dimyati Mahmud (1989)
Manusia menghayati kehidupan kejiwaan berupa kegiatan berfikir, berfantasi, mengingat, sugestif, sedih dan senang, berkemauan dan sebagainya.

Gejala Pengenalan (Kognisi)
• Suatu proses atau upaya manusia dalam mengenal berbagai stimulus atau informasi yang masuk ke dalam alat indranya, menyimpan, menghubung- hubungkan, menganalisa dan memecahkan suatu masalah berdasarkan stimulus/informasi tersebut.
• Gejala pengenalan: pengindraan dan persepsi, assosiasi, memori, berfikir dan intelegensi.

Gejala Afeksi
• Kemampuan untuk merasakan suatu stimulus yang kita terima, termasuk di dalamnya adalah perasaan sedih, senang, bosan, marah, benci, cinta dan lain sebagainya.
• Afeksi = Emosi

Gejala Psikomotorik
• Gabungan dari gejala kognitif dan afektif, yang memunculkan suatu gerakan/tingkah laku tertentu pada anak.
• Contoh: belajar, sugesti, kelelahan, kepribadian dan berbagai bentuk aktifitas yang melibatkan motorik, misalnya membaca, berjalan-jalan, dan makan.

B. Definisi Pendidikan

• Pendidikan berasal dari kata “didik”.
• Mendidik : Memelihara dan membentuk latihan.

KBBI (1991): 
Pendidikan adalah suatu proses sikap dan tingkah laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan.

Poerbakawatja & Harahap (Muhibbin Syah, 2001)
• Pendidikan merupakan usaha secara sengaja dari orang dewasa untuk meningkatkan kedewasaan.

Jadi Pendidikan adalah ...
• Suatu usaha yang dilakukan secara sadar & sengaja untuk mengubah tingkah laku manusia baik secara Individu maupun kelompok untuk mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

C. Definisi Psikologi Pendidikan

Menurut pendapat beberapa tokoh :
Witherington: 
• Psikologi Pendidikan adalah suatu studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.

Guthrie: 
• Psikologi Pendidikan adalah penggunaan prinsip-prinsip kejiwaan untuk memecahkan segala macam problem pendidikan.

Sumadi Suryobroto: 
• Psikologi Pendidikan sebagai pengetahuan Psikologi mengenai anak didik dalam situasi pendidikan.

Skinner: 
• Psikologi Pendidikan adalah cabang Psikologi yang membahas masalah belajar dan mengajar.

Eliot: 
• Psikologi Pendidikan merupakan penerapan teori-teori Psikologi untuk mempelajari perkembangan, belajar, motivasi, pengajaran & permasalahan yang muncul dalam dunia pendidikan.

Jadi Kesimpulannya : Psikologi Pendidikan adalah ...
• Ilmu yang mempelajari penerapan teori-teori Psikologi dalam bidang pendidikan.
• Dalam Psikologi Pendidikan dibahas berbagai tingkah laku yang muncul dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan.

Tugas pertemuan 1
1. Apa yang dimaksud dengan psikologi pendidikan ?
2. Bagaimana peran psikologi pendidikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar